• Alumni Sukses
  • Alumni Sukses

Berbeda Dengan Tema Sebelumnya, Maju Bersama Pemuda ABB Ramaikan Episode Kedua APodcast

ap.umsida.ac.id-Setelah sukses dengan episode perdananya yang telah tayang di youtube pada hari Sabtu lalu, APodcast kembali menghadirkan narasumber yang inspiratif dan menarik. Pada episode kedua ini APodcast mengundang Andra Pratama Suryanto. Pria yang akrab disapa mas Andra ini merupakan mahasiswa yang berprestasi selama kuliah, prestasi yang pernah ia kantongi antara lain wisudawan berprestasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun 2019, Duta Maritim Indonesia 2018, dan sebagai Delegasi Jatim pada Kapa Pemuda Nusantara 2019. (11/06)

Dalam episode kedua ini, APodcast mengambil tema Pemuda ABB (Aktif Dalam Berorganisasi dan Berprestasi). Tentu saja tema ini sangat cocok jika dibicarakan dengan Mas Andra. Beliau menuturkan bahwa pada tahun pertama kuliah ia belum begitu aktif di organisasi dan menjadi mahasiswa biasa seperti pada umumnya. Hingga pada akhirnya ia mencoba mengikuti pemilihan salah satu duta yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Tak dapat dipungkiri bahwa ia banyak merasakan benefit selama bergabung dalam organisasi tersebut, benefit tersebut antara lain kesinambungan antara sektor pada organisasi tersebut dengan mata kuliah yang ia ikuti selama berkuliah dan juga mempermudah langkahnya untuk mendapatkan data sebagai bahan untuk skripsinya.

Sebagai mahasiswa yang berprestasi dalam akademik dan aktif dalam berorganisasi membuat ia membagikan sedikit tips untuk para mahasiswa yang sedang berkuliah dan aktif dalam berorganisasi. Tips tersebut berupa pandai-pandai untuk mengatur manajemen waktu dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dan anggota organisasi sehingga tidak terfokus hanya pada salah satunya saja.

Selain menjadi lulusan administrasi publik UMSIDA, kini mas Andra juga bekerja sebagai staff admin di LKUI UMSIDA (Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional). Di akhir pembicarakan, ia juga memberikan pesan bagi mahasiswa yang sedang melakukan exchange atau akan melakukan exchange “Bagi yang akan melakukan exchange, persiapkan toefl dengan skor 450, berkas, dan persiapkan mental karena iklim belajar kita dengan luar negeri kadang  jauh berbeda. Untuk yang sedang exchange jangan lupa laporan akhirnya dikerjakan dan dikumpulkan” tuturnya ketika menutup APodcast.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply