• Alumni Sukses
  • Alumni Sukses

Aslab AP Umsida Gagas Pelatihan IT dan Kompetisi Video Pariwisata untuk Siswa MA Miftahul Huda Cendono

ap.umsida.ac.id – Jum’at (24/11/2023) siswa-siswi kelas 11-12 Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Huda Cendono mendapat kesempatan emas untuk mengasah keterampilan di dunia teknologi. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi digital dan memperkenalkan perkembangan terbaru dalam Informasi Teknologi (IT), Asisten Laboratorium (Aslab) Administrasi Publik (AP) dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan pelatihan IT di sekolah ini.

Acara yang berlangsung pada Jum’at, 24 November 2023, di gedung MA Miftahul Huda Cendono ini merupakan bagian dari inisiatif Umsida untuk mendukung pendidikan di tingkat menengah. Dalam pelatihan ini, siswa-siswi diajak untuk memahami dasar-dasar teknologi, penggunaan perangkat lunak, dan pemanfaatan internet secara efektif.

Salah satu narasumber utama dalam pelatihan ini, Tiara Agustin menjelaskan,

“Penting bagi siswa-siswi di era ini untuk memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi. Ini tidak hanya membantu mereka dalam pendidikan, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk tantangan di masa depan, terutama di dunia kerja yang semakin didominasi oleh teknologi,” ujar Tiara.

Pelatihan IT ini mencakup berbagai topik, mulai dari pengenalan perangkat keras hingga konsep dasar pemrograman. Siswa-siswi dilibatkan dalam sesi praktik langsung, memberi mereka kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh.

Selain pelatihan IT, Aslab AP juga menyampaikan informasi tentang kegiatan lain yang akan diadakan dalam waktu dekat. Alfin Rizal selaku ketua pelaksana kompetisi menyebutkan, “Kami juga ingin memperkenalkan kegiatan promosi kompetisi video pariwisata tingkat nasional yang akan digelar pada tahun depan, 2024. Ini merupakan kesempatan bagi para siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan mempromosikan potensi pariwisata di daerah masing-masing,” ujarnya.

Siswa-siswi terlihat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan ini. Mereka berharap bahwa kegiatan semacam ini akan terus diadakan untuk memberi mereka wawasan yang lebih luas tentang perkembangan teknologi.

Dengan adanya kegiatan ini, MA Miftahul Huda Cendono dan AP Umsida terus berupaya menjembatani kesenjangan digital dan memastikan bahwa generasi muda siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin terdigitalisasi.

Penulis: Ananda Putri H

Related Posts