• Alumni Sukses
  • Alumni Sukses

APodcast hadirkan Lulusan Tanpa Skripsi Pertama di Administrasi Publik UMSIDA

ap.umsida.ac.id-Tidak terasa sudah empat Minggu APodcast hadir di youtube AP Umsida. Pada volume ke empat ini, APodcast menghadirkan sosok yang tengah ramai diperbincangkan sebab menjadi lulusan pertama administrasi publik Umsida yang lulus tanpa skripsi. Sebagai pengganti skripsinya, ia menulis jurnal yang kemudian dapat lolos masuk di sinta. Sosok tersebut ialah Dea Marista.

Perempuan yang akrab disapa Dea ini merupakan lulusan administrasi publik Umsida yang berhasil lulus tanpa skripsi atau menggunakan jurnal, jurnal yang ia tulis merupakan salah satu hasil yang ia dapatkan ketika mengikuti program magang MBKM. Tak hanya berprestasi, ia juga aktif dalam kegiatan organisasi yang ada dikampus.

Pada APodcast volume 4 ini Dea menceritakan bagaimana kehidupan perkuliahannya dulu, pada semester awal ia hanya seorang mahasiswa kupu-kupu yang menjalani kehidupan mahasiswa seperti pada umumnya, hingga kemudian pada tahun selanjutnya ia mendapatkan amanah untuk menjadi wakil ketua dari  himpunan mahasiswa administrasi publik. Pengalaman tersebut menjadi bekal yang cukup berarti bagi seorang Dea Marista karena ia dituntut untuk bertanggung jawab dan menyeimbangkan antara perkuliahan dan organisasi.

Kemudian ketika menginjak semester tujuh, ia mencoba mengikuti program MBKM di Badan Riset dan Inovasi  Nasional (BRIN) yang ada di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Alasan ia untuk mengikuti program tersebut ialah karena tidak terdapat kegiatan magang dari program studi sehingga ia memutuskan untuk mencoba mengikuti seleksi beberapa program magang, meskipun beberapa kali mengalami penolakan namun tidak membuat ia putus asa hingga kemudian hanya tersisa kesempatan untuk magang di BRIN tersebut dan berhasil lolos. Ia sangat antusias untuk mengikuti program tersebut sebab meskipun badan riset nasional ia tetap bisa mendapatkan ilmu yang sesuai dengan program studi yang ia ambil, dan peluang tersebut ia gunakan sebagai bahan untuk tulisan tugas akhirnya, “Magang di BRIN saya mengambil non riset karena soshum ya mbak,nah karena itu saya memberanikan diri untuk masuk di sub bidang humas (hubungan masyarakat) seperti menulis berita, mengontrol isu-isu publik all lembaga corporate, dan disitu saya diberi arahan untuk pembelajaran sesuai dengan teori-teori kita” ucap Dea pada saat hadir di APodcast volume 4.

Kesibukannya sebagai mahasiswa magang ternyata bukan menjadi penghalang ia untuk menyelesaikan jurnalnya. Sehingga ia berharap para mahasiswa yang sedang magang saat ini juga dapat menyelesaikan jurnalnya. Kemudian ia juga memberikan pesan kepada mahasiswa yang sedang magang untuk tidak lupa untuk mengerjakan laporan magangnya. Salsabillah.

 

Related Posts

Leave a Reply

Berita Terkini

Pelatihan Dokumen Kebijakan
July 25, 2022
APodcast
July 23, 2022
APodcast
July 16, 2022
Kuliah Tamu
July 13, 2022
Perempuan Bisa Kuliah dan Usaha, Tema Baru APodcast Volume 6
July 13, 2022

Agenda

There're no item that match your search criteria. Please try again with different keywords.

Penerimaan Mahasiswa Baru