• Alumni Sukses
  • Alumni Sukses

3K “Kuliah, Kerja, Keluarga” Ramaikan APodcast Volume 3

Seperti pada hari Sabtu lalu, APodcast kembali hadir pada Sabtu 18 Juni 2022 dengan tema yang cukup menarik yakni “3K (Kuliah, Kerja, dan Keluarga)”. Pada volume ketiga ini, APodcast menghadirkan narasumber yang cukup menarik yakni  Nilna Nada Hudayah. Wanita yang akrab disapa Mbak Nada ini merupakan mahasiswa berprestasi yang dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu meskipun dibarengi dengan kegiatan kuliah, kerja dan mengurus keluarganya, ia juga merupakan lulusan administrasi publik UMSIDA yang baru saja di wisuda.

Ia saat ini bekerja di Koperasi Sejati Jawa Timur yang beralamatkan di Larangan, dan sebelum memasuki dunia perkuliahan ia bekerja di Surabaya dan memutuskan untuk berhenti satu tahun untuk menabung sebagai bekal kuliah. Menjadi mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja dan berkeluarga tentu saja bukan menjadi hal yang mudah bagi setiap orang, namun hal tersebut dapat dibuktikan dengan kesukesesannya yang dapat lulus 3,5 tahun. Ia membuktikan hal tersebut bukan tanpa motivasi, “sebenernya motivasinya itu berangkat dari stigma masyarakat sih, banyak banget stigma sosial yang menepatkan kita yang semisal mau kuliah sambil kerja itu mereka selalu berpikir oh pasti kuliah Cuma buat cari gelar aja, oh pasti kuliah Cuma buat sampingan aja, buat gaya-gayaan aja” ugkap mbak Nada saat diwawancarai oleh host APodcast beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, ia juga memaparkan bahwa untuk memasuki dunia kerja diperlukan kejujuran, sebab menurutnya karena kejujuran dapat membawa kita langgeng di dalam dunia kerja. Sebagai mahasiswa yang bekerja dan berkeluarga, ia juga menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan hal yang cukup berat karena tuntutan tugas yang cukup padat. Oleh karena itu, diperlukan manajemen waktu yang baik agar berjalan sesuai dengan keinginan.

Kendati ia bekerja pada bidang koperasi, ia memaparkan pula bagaimana keterkaitan keterakitan apa yang ia dapatkan selama berkuliah di administrasi publik dengan apa yang ada di tempat ia bekerja. Keterkaitan tersebut ialah ada beberapa mata kuliah yang ternyata berpengaruh di dunia kerja, seperti banyak agenda dari dinas kabupaten atau provinsi sehingga menjadikan ia sebagai perwakilan dari tempat bekerjanya. Bermula dari hal tersebut, ia mengambil judul skripsi dengan tema UMKM sehingga mempermudah langkahnya untuk mendapatkan data sebagai bahan menyusun skripsi. Di akhir episode, ia memberikan kesan pesan kepada para mahasiswa agar tetap semangat meskipun terasa berat, tapi percalayah bahwa proses tidak akan menghianati hasil. Salsabillah.

Related Posts

Leave a Reply